NOTULA DISKUSI PERT 9 STATISTIK INFERENSIAL

NOTULA DISKUSI KELOMPOK 1

Matakuliah:

Statistika Inferensial Offering : B - 2021

Perkuliahan Pertemuan ke- 9

Tanggal: 25 oktober - 01 november 2021 (satu MINGGU)

TEMA/TOPIK: Komparatif: prasyarat analisis, uji t dan non-parametrik yang relevan

 PEMAKALAH

No

NIM

Nama Mahasiswa

Judul sub-Makalah

1

210321868017

Fauzia Dwi Sasmita

KOMPARATIF: PRASYARAT UJI NON PARAMETRIK MANN WHITNEY U TEST

2

210321868023

Shinta Dewi Susansi

MAKALAH PRASYARAT UJI NON PARAMETRIK  WILCOXON RANK TES

 

KEHADIRAN MAHASISWA

1. Jumlah seluruh mahasiswa peserta matakuliah             : 16  mahasiswa

2. Jumlah mahasiswa yang hadir                                       : 16 mahasiswa

3. Jumlah mahasiswa yang TIDAK hadir                         :  0  mahasiswa

No

NIM

Nama Mahasiswa TIDAK hadir

Alasan TIDAK hadir

1

 

 

 

 

Catatan:

Mahasiswa dinyatakan TIDAKhadir

·         jika ia seorang penyaji, maka ia TIDAKmelalukan 3 hal berikut: (1) membuat 1 submakalah, (2) melemparkan topik diskusi, dan (3) menjawab semua pertanyaan yang berkait dengan submakalah, dan atau menanggapi saran/pendapat bukan anggota

·         jika ia bukan penyaji, maka ia TIDAK melalukan 3 hal berikut: (1) mengajukan pertanyaan, (2) menanggapi saran/pendapat mahasiswa lain, dan (3) mengumpulan tugas esei kecil

 

NOTULA Diskusi

1.      Materi  UJI MAN WHITNEY

Picture of Fauzia Dwi Sasmita

Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 24 October 2021, 9:06 PM

Jika sebelum-sebelumnya kita mempelajari tentang uji parametrik, maka kali ini kita akan membahas salah satu uji pada non-parametrik. di dalam makalah sebelumnya, saya cantumkan dua contoh tentang uji mann whitney. contoh kedua, yakni mengenai penelitian komparasi "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN KEGIATAN

LABORATORIUM REAL DAN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR PADA POKOK BAHASAN TEORI KINETIC GAS"

jika kita cermati artikel jurnal tersebut, maka kita ketahui bahwa tidak menutup kemungkinan uji man whitney  juga dapat digunakan dalam penelitian kita apabila ternyata hasil data berdistribusi tidak normal dan data varians homogen (data bersifat non parametrik). jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin didiskusikan terkait uji mann whitney, silahkan, nggih

Picture of Imam Al AnshoriRe: Uji Mann Whitney

Imam Al Anshori

Monday, 25 October 2021, 6:23 PM

 

Izin bertanya: berdasarkan pernyataan yang disampaikan dalam makalah bahwa Uji Mann Whitney merupakan alternatif uji beda dua rata-rata parametrik dengan menggunakan referensi distribusi t (sampel-sampel berukuran kecil). Apakah uji non-parametrik lain yang dapat digunakan dalam kondisi yang sama ?

Picture of Briliantama Akbar Taufiq Re: Uji Mann Whitney

Briliantama Akbar Taufiq

Monday, 25 October 2021, 11:00 PM

 

Mohon izin menanggapi pertanyaan dari Mas Imam.

Untuk menentukan penggunaan antara Uji Mann-Whitney U dan Uji Wiloxon cukup diperhatikan dua hal berikut:

  1. Uji statistik non parametrik yang sesuai jika prasyarat uji-t independen tidak terpenuhi dapat menggunakan Mann Whitney U Test.
  2. Uji statistik non parametrik yang sesuai jika prasyarat uji-t berpasangan tidak terpenuhi dapat menggunakan Uji nonparametrik Wilcoxon.

Berdasarkan studi literatur, ada beberapa cara yang bisa digunakan alternatif uji non parametrik (berdasarkan sampel penelitian) yaitu untuk kasus 1 sampel bisa menggunakan Uji Run Test dan Uji Kolmogorov-Smirnov.

 

Teknik statistik non parametrik yang dapat digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel berkorelasi selain Wilcoxon Match pairs Test, diantaranya Mc Nemar Test untuk menguji hipotesis komparatif data nominal dan Sign Test untuk data ordinal.

 

Teknik statistik non parametrik yang dapat digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel independen selain Mann Whitney U Test, diantaranya Chi Kuadrat dua sampel untuk data nominal dan ordinal dan Median Test untuk data ordinal.

 

Mohon dikoreksi apabila masih terdapat kesalahan. Semoga membantu. Terimakasih.

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Tuesday, 26 October 2021, 6:41 PM

 

iya, terimakasih mas brili atas tanggapannya.

betul yang disampaikan, nggih

uji chi square juga merupakan uji komparatif. mungkin bisa menambah pengetahuan kita bersama, ada sebuah studi yang pengujian datanya menggunakan 2 uji, yakni Kai Kuadrat (chi square) dan uji Mann whitney.  http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7371/141000221.pdf?sequence=1&isAllowed=y

nah, d bagian simpulannya dinyatakan terdapat perbedaan hasil antara kedua uji tersebut dan dinyatatakn bahwa uji mann whitney lebih baik. tapi simpulan ini didasarkan pada hasil penelitian sang peneliti (bukan scara general)

Picture of Imam Al Anshori Re: Uji Mann Whitney

Imam Al Anshori

Thursday, 28 October 2021, 9:32 AM

 

terimakasih

 

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Thursday, 28 October 2021, 9:44 AM

 

sama-sama

Picture of Briliantama Akbar Taufiq Re: Uji Mann Whitney

Briliantama Akbar Taufiq

Monday, 25 October 2021, 11:09 PM

Sebelumnya saya sampaikan terimakasih kepada Mbak Fauzia sebagai Penyaji atas sharing ilmunya.

Prasyarat analisis untuk uji t adalah berdistribusi normal. Jika suatu data tidak berdistribusi normal maka dapat dilakukan uji non parametrik atau melakukan transformasi data agar data berdistribusi normal. Menurut anda manakah langkah yang paling dianjurkan ketika data tidak normal berdasarkan dua hal tersebut? Bagaimana alasannya? Selanjutnya jika suatu peneliti akan menggabungkan dua kelompok data namun hanya salah satu data yang berdistribusi normal. Bagaimana langkah yang tepat untuk dipilih oleh peneliti dalam penentuan uji?

Mohon penjelasannya. Terimakasih.

 

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Tuesday, 26 October 2021, 6:52 PM

kalo saya pribadi memilih tidak mentransformasi datanya, mas. jika data kita tidak normal, sudah ada alternatif penyelesaiannya di uji-uji non parametrik. apalagi transformasi berarti juga mengubah data yang kita peroleh. tp, memang saya akui, kalo data kita sdh tdk berdistribusi normal, aduh udah dah pusing. tp, lagi-lg, jika hal itu terjadi, saya memilih uji non parametrik.

jika salah satu datanya berditribusi normal, sementara satunya tidak. misalnya skor mtk dan skor fisika. skor mtknya normal. skor fiiskanya tidak normal. nah, saya belum pernah melihat kasus seperti ini. mungkin bisa kita diskusikan sama2, nggih.

sebab kalau mencari korelasi juga datanya harus normal.

Picture of Christina Martha Re: Uji Mann Whitney

Christina Martha

Tuesday, 26 October 2021, 10:44 AM

Dear Mbak Fauzi,

Jika akan dibuat penelitian sebagai berikut kira-kira menggunakan uji apa ya ?

Peningkatan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Materi Fisika Energi dengan Media Pembelajaran Refleksi Kontekstual “Lagu Philosophysics” untuk Siswa Kelas XII SMAN 1 Puri Mojokerto

Mungkin ada saran dari awal perencanaan hingga analisisnya timeline/ peta konsep pengujiannya seperti bagaimana ?

Terima kasih.

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Tuesday, 26 October 2021, 6:32 PM

 

karena judulnya peningkatan, berarti sebelum treatment (uji coba lapangan) telah diperoleh data awal mengenai efikasi diri dan penguasaan konsep.

untuk efikasi diri, mungkin nanti datanya berupa data apa, nggih mbak? sebab skala pengukuran sangat menentukan jenis uji yang diperoleh.

adapun untuk penguasaan konsep, saya rasa datanya nanti berupa data interval, nggih.

untuk data penguasaan konsep, harus dicari normalitasnya terlebih dahulu, mbak. jadi yang pertama tentu uji normalitas. uji normalitas ini nanti akan mengarah pada penggunaan uji-uji yang lain; apakah nanti menggunakan uji parametrik maupun non parametrik.

jika nanti datanya tidak berdistribusi normal, maka kemungkinan besar untuk melihat perbandingan median capaian penguasaan konsep sebelum treatment dan sesudah treatment, maka dapat digunakan uji mann whitening

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Tuesday, 26 October 2021, 6:32 PM

*mann whitney maksudnya, mbak

Picture of SELVINA VISBAD SAIYA Re: Uji Mann Whitney

SELVINA VISBAD SAIYA

Tuesday, 26 October 2021, 10:21 PM

Saya izin bertanya :

1.  Menurut anda mengapa data penelitian harus dilakukan dengan uji normalitas?

2.  Didalam sebuah penelitian kapan kita menggunakan Mean whitney test ?

Terimakasih.

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Thursday, 28 October 2021, 9:44 AM

 

uji normalitas digunakan sbg langkah awal (landasan) bagi kita untuk memilihi uji2 yang akan selanjutnya.

misalnya, penelitian kita bertujuan mencari hubungan, nggih. maka, artinya kita melakukan uji korelasi. nah, uji korelasi membutuhkan syarat berupa data yang berdistribusi normal. kalo datanya normal maka nanti analisis uji mengambil yg paramterik. sementara jika tidak normal, maka mengambil analisis uji non parametrik.

uji mann whitney digunakan, jika data tidak berdistribusi normal dan kita bertujuan untuk membandingkan (compare). seperti itu nggih, mbak

Picture of Kurnia Islamiyah Re: Uji Mann Whitney

Kurnia Islamiyah

Sunday, 31 October 2021, 8:42 PM

Menurut Tentua (2009), metode statistik nonparametrik digunakan untuk situasi seperti: (1) apabila ukuran sampel demikian kecil sehingga distribusi statistik pengambilan sampel tidak mendekati normal, dan apabila tidak ada asumsi yang dapat dibuat tentang bentuk distribusi populasi yang menjadi sumber sampel; (2) apabila digunakan data peringkat atau ordinal; (3) apabila data nominal digunakan (data nominal adalah data di mana sebutan seperti laki-laki atau perempuan diberikan kepada item dan tidak ada implikasi di dalam sebutan tersebut bahwa item yang satu lebih tinggi atau lebih rendah daripada item lainnya)

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 31 October 2021, 9:14 PM

terimakasih banyak, bu atas tanggapanya

Picture of M. Ali Alfian Re: Uji Mann Whitney

M. Ali Alfian

Tuesday, 26 October 2021, 11:15 PM

izin bertanya , data ordinal dan data nominal secara real di penelitian pendidikan itu contohnya seperti apa ya? 

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Thursday, 28 October 2021, 9:48 AM

data ordinal itu seperti data angket, mas. misalnya tuh seperti angket ada Sangat Setuju poinnya 5, Setuju poinnya 4, kurang setuju 3, tidak setuju 2, sangat tidak setuju 1

adapun skala nominal itu seperti data jenis kelamin, misalnya perempuan 1, laki-laki 2.

Picture of NENG DYAH SURYA PRATAMA Re: Uji Mann Whitney

NENG DYAH SURYA PRATAMA

Wednesday, 27 October 2021, 8:17 PM

terimakasih sebelumnya kepada penyaji atas makalahnya.

disebutkan dimakalah bahwa  ".....uji  difokuskan untuk membandingkan  dua perlakuan atau dua penilaian (persepsi) yaitu apakah pesepsi pada satu kelompok sampel bebas, sama persis atau tidak dengan  persepsi yang terdapat pada satu kelompok sampel bebas lainnya......". mungkin bisa dijelaskan ulang maksud dari kalimat tersebut.

disebutkan pula bahwa ".........Jawabannya adalah  ada kemungkinan sama dan ada kemungkinan tidak sama.........." apa yang membuat sama atau tidak sama? dan bagaimana cara mengatasi

terimakasih

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Thursday, 28 October 2021, 9:58 AM

membandingkan dua perlakuan atau dua penilaian (persepsi) yaitu apakah pesepsi pada satu kelompok sampel bebas, sama persis atau tidak >> maksudnya kita ingin melihat apakah dua kelompok itu memiliki peniliaian yang sama terhadap suatu treatment/layanan/capaian.

misalnya kita ingin melihat respon peserta didik di sekolah SMA Negeri dan SMA Swasta terhadap produk emodul yang kita kembangkan. nah kita bisa membandingkan respon tersebut dengan uji mann whitney tadi, nggih.

 

sama dan berbeda >> hasil tersebut sangat bergantung pada jawaban/respon responden kita. bisa jadi kelompok A memberikan respon yang rata-rata berniali cukup, sementara kelompok A memberikan respon yang rata-rata bernilai kurang.

 

Picture of Miftahuljannah Muslimin Re: Uji Mann Whitney

Miftahuljannah Muslimin

Thursday, 28 October 2021, 6:29 PM

Izin mengkonfirmasi, dalam makalah tertulis "Uji ini digunakan pada
jenis penelitian komparatif untuk menguji hipotesis mengenai median dari dua
populasi yang saling bebas (independent)"

Berarti uji Mann-Whitney digunakan untuk menguji hipotesis komparasi terhadap dua atau lebih sampel ya? bukan untuk menguji komparasi variabelnya?

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 31 October 2021, 1:29 PM

Sepaham saya sama saja mbak..perbedaan antar variabelnya itu misalnya perbedaan hasil belajar kel A dngn kel B? 

misalnya kita ingin melihat respon peserta didik di sekolah SMA Negeri dan SMA Swasta terhadap produk emodul yang kita kembangkan . nah kita bisa membandingkan respon tersebut dengan uji mann whitney tadi, nggih.

Picture of Hidayatullah Hana Putra Re: Uji Mann Whitney

Hidayatullah Hana Putra

Saturday, 30 October 2021, 10:59 PM

 Keunggulan menggunakan uji ini apa ya mbak ? jika dibandingkang dengan metode uji yang lain dengan tujuan yang sama

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 31 October 2021, 1:32 PM

 

Dr sebuah hasil data di mana pengujian datanya menggunakan 2 uji, yakni Kai Kuadrat (chi square) dan uji Mann whitney.  http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7371/141000221.pdf?sequence=1&isAllowed=y

nah, d bagian simpulannya dinyatakan terdapat perbedaan hasil antara kedua uji tersebut dan dinyatatakn bahwa uji mann whitney lebih baik. Hasilnya lebih akurat seperti itu, mas. tapi simpulan ini didasarkan pada hasil penelitian sang peneliti (bukan scara general)

Picture of Magfira Cindy Re: Uji Mann Whitney

Magfira Cindy

Sunday, 31 October 2021, 6:00 AM

Terima kasih untuk sajian materinya mbak.

Mbak, jika dibuatkan alur, bagaimanakah tahapan analisis data kuantitatif hingga memutuskan untuk menggunakan uji non parametrik (misal mann whitney)? 

Terima kasih.

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 31 October 2021, 9:05 PM

saya izin melampirkan bagan, nggih mbak. bagan ini d awali dengan tujuan penelitian kita, yang kemudian nanti akan di bagi berdasarkan uji parametrik atau non parametriknya.

Picture of Nurani Fitri Re: Uji Mann Whitney

Nurani Fitri

Sunday, 31 October 2021, 1:20 PM

Sebelumnya, terimakasih kepada penyaji yang telah membagikan materinya

Mohon izin bertanya, uji ini kan merupakan uji komparatif dua perlakuan atau dua penilaian (persepsi) dari dua sampel independen. Jadi ini maksudnya hanya untuk jenis penelitian yang memang hanya untuk mengkomparasikan dua sampel bebas ya mba, kalau untuk komparasi sampel nilai seperti pre test pos tes gitu tidak bisa, karena salah satu ada perlakuan (sampel ada yang tidak independent) dalam penelitiannya ya mba? Mohon penjelasnnya

Sekian, terimakasih

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 31 October 2021, 1:34 PM

 Di bagian lampiran makalahnya, saya lampirkan pengujian data yg menggunakan mann whitney terhadap hasil belajar. Datanya tidak normal dan homogen, kemudian si peneliti mengambil uji mann whitney untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajarnya.

Jd, berdasaekannhal itu, saya simpulkan bisa mbak

Picture of Nurani Fitri Re: Uji Mann Whitney

Nurani Fitri

Sunday, 31 October 2021, 2:48 PM

Oh berarti saya salah tangkap tentang maksud dari sampel independen. Mungkin bisa dijelaskan secara singkat mba tentang sampel independen itu sampel yg seperti apa? 

Terimakasih

Picture of Fauzia Dwi Sasmita Re: Uji Mann Whitney

Fauzia Dwi Sasmita

Sunday, 31 October 2021, 9:14 PM

sehemat saya, sampel independen >>  orang/kelompoknya berbeda >> ex : kelas kontrol dan kelas eksperimen

sampel dependen >>  orang/kelompoknya sama >> ex : pretest-posttest dr kelompok yang sama

mohon dikoreksi jika keliru nggih, mbak

 

 

 

 

2.      Materi UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Monday, 25 October 2021, 7:24 AM

pada kesempatan kali ini saya memaparkan makalah mengenai "UJI NON PARAMETRIK  WILCOXON RANK TES" KIra kira prasyarat dan kriteria penelitian apa yang dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk menggunakan uji jenis ini ?

terimakasih

silahkan berdiskusi teman teman

 

Picture of Imam Al Anshori Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Imam Al Anshori

Monday, 25 October 2021, 6:07 PM

 

Izin untuk menanggapi 

Wilcoxon Signed Rank Test adalah uji non-parametris untuk mengukur signifikansi perbedaan antara 2 kelompok data berpasangan berskala ordinal atau interval tetapi berdistribusi tidak normal. 

Berdasarkan definisi tersebut prasyarat untuk menggunakan uji ini adalah datanya berubah ordinal atau interval dengan 1 variabel dependen dan 1 variabel independen serta data tidak berdistribusi normal.

Terimakasih

Picture of Imam Al Anshori Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Imam Al Anshori

Monday, 25 October 2021, 6:07 PM

Izin bertanya: BErdasarkan makalah yang disampaikan saya tidak menemukan penjelasan tentang uji wilcoxon. Apakah uji ini termasuk analisis non parametrik untuk hipotesis asosiatif ? soalnya berdasar referensi yang saya baca dia termasuk hipotesis komparatif. Mohon penjelasanya

Picture of Shinta Dewi susanti Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 6:46 PM

oh iya mas setelah saya cek saya ternyata salah upload, untuk makalahnya sudah saya upload ulang pada hari kamis lalu, mohon maaf karena kelalaian saya

Picture of Briliantama Akbar Taufiq Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Briliantama Akbar Taufiq

Monday, 25 October 2021, 11:55 PM

Sebelumnya saya sampaikan terimakasih kepada Mbak Shinta sebagai Penyaji atas sharing ilmunya.

Untuk menentukan penggunaan antara Uji Mann-Whitney U dan Uji wiloxon cukup diperhatikan dua hal berikut:

  1. Uji statistik non parametrik yang sesuai jika prasyarat uji-t independen tidak terpenuhi dapat menggunakan Mann Whitney U Test.
  2. Uji statistik non parametrik yang sesuai jika prasyarat uji-t berpasangan tidak terpenuhi dapat menggunakan Uji nonparametrik Wilcoxon.

Mohon izin bertanya, menurut Anda:

1. Masihkah uji ini akurat hingga sekarang? bagaimana jika dibandingkan dengan uji yang lain?

2. Haruskah uji homogenitas dalam melakukan uji-t independen maupun uji-t berpasangan?

3. Bagaimana jika peneliti memiliki nilai kedua kelompok baik pre dan post test, uji-t mana yang sebaiknya dilakukan?

 

Mohon penjelasannya. Terimakasih.

 

Picture of Shinta Dewi susanti Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 8:18 PM

terimakasih atas jawabanya

untuk pertanyaan

1. Masihkah uji ini akurat hingga sekarang? bagaimana jika dibandingkan dengan uji yang lain?

metode yang digunakan masih relevan, akan tetapi untuk cara perhitungan nya menurutsaya kurang relevan, karena sudah dapat digunakan SPSS dengan uji z jika datanya ternyata banyak (>30)

2. Haruskah uji homogenitas dalam melakukan uji-t independen maupun uji-t berpasangan?

harus dilakukan karena uji homogenitas merupakan uji prasyarat uji-t independen maupun uji-t berpasangan

3. Bagaimana jika peneliti memiliki nilai kedua kelompok baik pre dan post test, uji-t mana yang sebaiknya dilakukan?

saya lebih menyarankan untuk menggunakan uji-t berpasangan

Picture of Christina Martha Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Christina Martha

Tuesday, 26 October 2021, 10:48 AM

Dear mbak Shinta,

Saya izin mencoba menjawab :

Prasyarat Analisis Non-Parametrik
a. Ukuran sampel sangat kecil (n<30), sehingga distribusi data tidak mendekati normal dan jika tidak ada asumsi yang bisa dibuat tentang bentuk distribusi populasi yang jadi sampel besar.
b. Menggunakan data ordinal, yaitu data-data yang diperingkatkan atau disusun dalam urutan.
c. Mengunakan data nominal, yaitu data-data yang dapat diklasifikasikan dalam bentuk data kategori kemudian bisa dihitung frekuensinya.

Sekalian mohon izin bertanya. pada persyaratan di atas ukuran sampel sangat kecil (n<30), jika sampel lebih dari 30 dan syarat (b) dan (c) terpenuhi dan data tidak terdistribusi normal, maka uji yang bagaimana saja yang diperlukan untuk penelitian misal dengan judul sebagai berikut :

Peningkatan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Materi Fisika Energi dengan Media Pembelajaran Refleksi Kontekstual “Lagu Philosophysics” untuk Siswa Kelas XII SMAN 1 Puri Mojokerto

Terima kasih.

 

Picture of Shinta Dewi susanti Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 7:10 PM

 

Terimakasih atas jawabanya

untuk pertanyaan nya

Sekalian mohon izin bertanya. pada persyaratan di atas ukuran sampel sangat kecil (n<30), jika sampel lebih dari 30 dan syarat (b) dan (c) terpenuhi dan data tidak terdistribusi normal, maka uji yang bagaimana saja yang diperlukan untuk penelitian misal dengan judul sebagai berikut :

Peningkatan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Materi Fisika Energi dengan Media Pembelajaran Refleksi Kontekstual “Lagu Philosophysics” untuk Siswa Kelas XII SMAN 1 Puri Mojokerto

  • makauj hipotesis tetap dapat dilakukan dengan uji non parametrik Chi Square dengan alasan Uji ini adalah uji independensi, dimana suatu variable tidak dipengaruhi atau tidak ada hubungan dengan variable lain.
  • dengan kriteria pengambilan Hipotesa nol ditolak bila nilai χ2 yang dihitung dari sampel lebih
    besar dari nilai χ2 dalam tebel berdasarkan level of significance tertentu.

Picture of Shinta Dewi susanti Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 8:20 PM

atau bisa juga menggunakan uji z jika menggunakan spss

 

Picture of SELVINA VISBAD SAIYA Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

SELVINA VISBAD SAIYA

Tuesday, 26 October 2021, 10:22 PM

 

Saya izin bertanya :

1.  Menurut anda mengapa data penelitian harus dilakukan dengan uji normalitas?

2.  Didalam sebuah penelitian kapan kita menggunakan Wilconxon Sign Rank test? 

Terimakasih.

 

Picture of Shinta Dewi susantiRe: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 7:27 PM

terimakasih atas pertanyaan ya ,

jawaban

1.karena uji normalitas digunakan untuk menentukan jenis uji statistik yang akan dipili( misal parametrik/nonparametrik)

2. dilakukan ketika ada 2 kelompok data berpasangan berskala ordinal atau interval tetapi berdistribusi tidak normal. 

Berdasarkan definisi tersebut prasyarat untuk menggunakan uji ini adalah datanya berubah ordinal atau interval dengan 1 variabel dependen dan 1 variabel independen serta data tidak berdistribusi normal.

Picture of NENG DYAH SURYA PRATAMA

Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

NENG DYAH SURYA PRATAMA

Wednesday, 27 October 2021, 8:22 PM

terimakasih sebelumnya kepada penyaji atas sajiannya.

tolong berikan contoh judul penelitian dalam fisika, yang menyangkut 3 hubungan ini, yaitu hubungan simetris, hubungan sebab akibat (kausal), dan hubungan interaktif (saling mempengaruhi).

terimakasih

Picture of Anindyta Nur Rizkyana Safitri Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Anindyta Nur Rizkyana Safitri

Thursday, 28 October 2021, 10:05 AM

mohon izin bertanya, di dalam penelitian kapan kita bisa menggunakan Wilcoxon Rank Tes? Apakah ada ketentuan khusus untuk menggunakan uji tersebut?

terimakasih

Picture of Shinta Dewi susanti Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 7:46 PM

 

uji ini digunakan ketikapenelitian yang didesain merupakan / menhailkan data berpasangan kerena adanya dua perlakuan yang berbeda

mungkin asumsi/ketentuan khusus yang dapat digunakan adalah berikut

-Menggunakan data berpasangan dan berasal dari populasi yang sama. ini sama
dengan tujuan dari uji t berpasangan.
- Setiap pasangan dipilih secara acak dan independent. Maksudnya ini dalam
pengambilan sampel tidak subjektif atau asal ambil. tapi pengambilan sampelnya
secara acak.
- Skala pengukurannya minimal ordinal. dan tidak butuh asumsi normalitas. Inilah
yang membedakan dengan uji t berpasangan. disini ada dua keadaan dalam
menggunakan wilcoxon. Pertama. ketika data yang digunakan ordinal maka pakai
wilcoxon. kasus kedua ketika datanya tuh interval atau rasio maka pertama kali lihat
dulu apakah normal atau tidak. kalau normal pakai uji t berpasangan dan jika tidak
normal baru pakai wilcoxon.

Picture of Miftahuljannah Muslimin Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Miftahuljannah Muslimin

Thursday, 28 October 2021, 6:40 PM

Uji non parametrik  Wilcoxon Rank Test digunakan jika tidak memenuhi prasyarat paired sample t-test.

Beberapa prsayarat untuk uji non-parametrik Wilcoxon Rank Test

1. Data sampel tidak berdistribusi normal
2. Dua Kelompok sampel yang saling berpasangan (anggota sampel dua kelompok
sama)
3. Sampel berskala data ordinal, atau interval
4. Jumlah sampel pada kedua kelompok sama

 

 

Permalink | Show parent | Reply

Picture of Miftahuljannah Muslimin

Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Miftahuljannah Muslimin

Thursday, 28 October 2021, 6:45 PM

 

Selanjutnya mohon izin bertanya, jadi untuk uji Wilcoxon Rank Test , penelitian itu harus memiliki dua sampel yang berpasangan ya? Dalam artikel juga di berikan contoh data yang diperoleh itu harus ada data sebelum dan sesudah. Berarti jika dalam penelitian hanya menggunakan posttest only, berarti uji ini sudah pasti tidak dapat digunakan?

 

Permalink | Show parent | Reply

Picture of Shinta Dewi susanti

Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Saturday, 30 October 2021, 8:25 PM

 

sepemahaman saya begitu, jika data memang cuma ada post test maka uji man whitney saya rasa lebih relevan untuk digunakan

Picture of Hidayatullah Hana Putra Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Hidayatullah Hana Putra

Saturday, 30 October 2021, 10:53 PM

Salam.. apakah menurut penyaji, metode ujin inin adalah uji non paramertrik yang baik. jika iya apa alasannya dan jika tidak bagaiamana penjelsannya ?

Picture of Shinta Dewi susanti Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Shinta Dewi susanti

Sunday, 31 October 2021, 7:17 PM

uji ini akan menjadi baik jika digunakan untuk jenis penelitian dan data yang diperoleh sesuai

yang artinya untukpenelitian yang memiliki 2 kelompok data berpasangan berskala ordinal atau interval tetapi berdistribusi tidak normal. dengan prasyarat untuk menggunakan uji ini adalah datanya berubah ordinal atau interval dengan 1 variabel dependen dan 1 variabel independen serta data tidak berdistribusi normal.

 

Picture of Revista Rizky Rahmanniar Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Revista Rizky Rahmanniar

Sunday, 31 October 2021, 6:05 AM

Terimakasih saya ucapkan kepada penyaji yang telah memaparkan makalahnya. Izin menjawab pertanyaan dari penyaji. 

Uji wilcoxon signed test merupakan uji nonparametris yang digunakan untuk megukur perbedaan 2 kelompok data berpasangan berskala ordinal atau interval tetapi data berdistribusi tidak normal. Uji ini juga dikenal dengan nama uji match pair test. Dasar pengambilan keputusan dalam uji wilcoxon signed test adalah sebagai berikut :

- Ketika nilai probabilitas Asym.sig 2 failed < 0,05 maka terdapat perbedaan rata-rata.

- Ketika nilai probabilitas Asym.sig 2 failed > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan rata-rata.

Terimakasih. Demikian jawaban saya. Mohon dikoreksi jika ada kekurangan. 

Picture of Nurani Fitri

Re: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

Nurani Fitri

Sunday, 31 October 2021, 12:57 PM

Terimakasih kepada penyaji yang telah membagikan materinya.

Saya mencoba menjawab pertanyaan diskusi dari penyaji.

Berdasarkan makalah yang telah dibagikan makan syarat yang harus dipenuhi untuk uji ini antara lain :

1. Data sampel tidak berdistribusi normal

2. Dua Kelompok sampel yang saling berpasangan 

3. Sampel berskala data ordinal, atau interval

4. Jumlah sampel pada kedua kelompok sama

Untuk kriteria penelitiannya yaitu penelitian yang tujuannya membandingkan dua populasi kontinu apabila hanya tersedia sampel bebas yang sedikit dan kedua populasi asalnya tidak normal. Uji ini digunakan untuk menguji kondisi (variabel) pada sampel yang berpasangan atau dapat juga untuk penelitian sebelum dan sesudah.

Sekian, mohon dikoreksi apabila ada kesalahan, terimakasih

Picture of Kurnia IslamiyahRe: diskusi kelompok 1 UJI NON PARAMETRIK WILCOXON RANK TES

by Kurnia Islamiyah - Sunday, 31 October 2021, 8:40 PM

Tipe data yang bisa diteliti menggunakan pengujian Wilcoxon ini adalah data-data yang bisa diranking, namun tidak memiliki nilai ukur yang mutlak. Pengukuran dilakukan pada obyek yang sama, namun dengan perlakuan yang berbeda.

Komentar